Merawat Untuk Indonesia Sehat

[INTERNATIONAL NURSES DAY 2020] .
.
I attribute my success to this – I never gave or took any excuse. – Florence Nightingale

Setiap tahun, pada peringatan Hari Keperawatan Sedunia (International Nurses Day / IND) mengusung tema tertentu yang berbeda setiap tahunnya, pada tahun ini tema yang di usung untuk peringatan International Nurses Day (IND) adalah :
“Nurses : A Voice To Lead – Nursing The World To Health”

Hari Perawat Internasional atau International Nurses Day (IND) dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Mei untuk memperingati kelahiran Florence Nightingale (pencetus pertama filosofi keperawatan modern) yang dilahirkan pada tanggal 12 Mei 1820.

International Nurses Day (IND) merupakan perayaan hari perawat dunia yang dilaksanakan pertama kali pada tahun 1974 oleh The International Council of Nurses (ICN). Penentuan dari hari perawat dunia ini berdasarkan dari hari lahir tokoh dunia keperawatan yaitu Florence Nightingale (12 Mei 1820). Perayaan hari keperawatan dunia ini merupakan perayaan sebagai pentuk penghargaan bagi perawat-perawat dunia yang sudah mengabdi kepada profesi keperawatan. Perayaan hari perawat pertama kali diusulkan oleh Dorothy Sutherland (seorang petugas dari Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat) pada tahun 1953 dan pertama dicanangkan oleh Presiden Dwight D. Eisenhower. Dan itu pertama kali dirayakan oleh International Council of Nurses (ICN) pada tahun 1965.

Perawat memiliki peranan penting dalam dunia kesehatan. Mereka dan tenaga medis lainnya menjadi garda terdepan dalam melawan Pandemi Covid 19 yang sedang terjadi saat ini. Mereka berjuang tanpa kenal lelah untuk dapat memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat agar bisa menuntaskan Pandemi Covid 19. Oleh karena itu, pernghargaan setinggi-tingginya patut kita berikan pada mereka yang telah berjuang untuk kesehatan Indonesia dan dunia.
Walaupun telah tampak jelas besar jasa dan pengorbanan perawat, masih kita temukan stigma-stigma kurang baik yang melekat pada perawat. Oleh karena itu, yuk geser slide di atas untuk cari tahu apa saja stigma-stigma yang melekat pada perawat dan bagaimana fakta sebenarnya 😊

MERAWAT UNTUK INDONESIA SEHAT

” Saya Perawat, Jangan Sebut Saya Paramedis ( UU Nomor 38 Tahun 2014)

NursingWeek